5 Jenis Kayu Bertuah Paling Ampuh

Artikel » 5 Jenis Kayu Bertuah Paling Ampuh

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat kaya. Bukan hanya kaya akan sumber daya alam nya saja. Melainkan juga kaya akan kebudayaannya serta tradisi peninggalan nenek moyang yang tidak ternilai harganya. Sejah dahulu, nenek moyang kita telah berkeyakinan bahwa kayu dari beberapa pohon tertentu memiliki kekuatan tertentu sehingga banyak diantaranya yang menyembah pohon tersebut. Beberapa jenis pohon tersebut antara lain pohon dewandaru, setigi, asem, bambu petuk dan lain sebagainya. Berikut 5 jenis kayu bertuah paling ampuh yang terdapat di nusantara :

 

1. Kayu Bertuah Dewandaru

Kayu dari pohon dewandaru ini merupakan salah satu kayu yang sangat langka. Kayu dewandaru ini banyak di temukan di utara pulau Jawa yaitu karimunjawa. Kayu dewandaru merupakan salah satu kayu bertuah yang banyak di buru karena di percaya memiliki energi khusus yaitu mengandung energi khusus untuk menolak hewan buas dan ular, menyembuhkan gigitan ular berbisa dan sarana perlindungan dan keselamatan. Kayu dewandaru ini banyak di ubah menjadi benda-benda seperti tasbih dan benda kerajinan lainnya.

 

2. Kayu Bertuah Sentigi/Setigi

Di antara sekian banyak jenis pohon yang tumbuh di nusantara, Sentigi merupakan salah satu pohon yang di anggap keramat di tanah Jawa. Kayu yang memiliki nama lain sebagai kayu sulaiman ini di anggap keramat mengandung energi yang sangat kuat. Oleh karena itu, sejak dulu kala banyak masyarakat pada jaman dahulu memanfaatkan energi dalam kayu pohon Sentigi ini untuk melindungi diri dari makhluk halus, mengusir hewan buas seperti ular dan masih banyak lainnya.

 

Selain itu, tuah dari kayu sentigi juga bermanfaat sebagai sarana untuk penyembuhan baik penyakit fisik maupun non fisik. Penyakit fisik salah satunya penyakit kanker, sedangkan penyakit non fisik seperti gangguan yang berasal dari serangan energi negatif berupa santet, gendam, teluh serta mampu membantu mengobati seseorang yang terkena kesurupan dari gangguan jin atau setan yang jahil dan mengganggu.

 

3. Kayu Bertuah Cendana

Selain dua jenis kayu bertuah di atas, masih ada banyak kayu bertuah lainnya seperti kayu bertuah cendana. Kayu yang berasal dari pohon cendana ini memiliki ciri khas fisik yang berwarna kuning agak kemerahan dan berbau wangi. Kayu yang memiliki aroma wangi yang khas ini di yakini memiliki kandungan enegri yang di senangi oleh arwah leluhur. Selain di gunakan sebagai warangka keris, kayu cendana ini juga banyak di gunakan sebagai tasbih. Kayu cendana ini memiliki tuah khusus yang bermanfaat sebagai sarana mendapatkan jabatan, memenangkan persaingan politik, meningkatkan aura kewibawaan, serta meningkatkan energi spiritual.

 

4. Kayu Bertuah Asam Jawa

Pohon yang memiliki buah yang sangat asam ini sangat popular di Indonesia. Baik daun maupun buah dari pohon ini banyak di manfaatkan sebagai obat serta bahan penyedap masakan. Salah satu manfaat asam kawak yakni sebagai sarana penyembuhan penyakit fisik seperti sakit tenggorokan. Sedangkan klungsu asam kawak memiliki fungsi sebagai sarana penolak roh jahat dan tola bala. Jika Anda menaruh biji asam yang hitam legam sebanyak 3-9 biji dalam kendaraan mobil/motor Anda, dipercaya dapat menghindari kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh mahluk halus. sedangkan bagian galih asam (inti) Jika dipukulkan pada orang yang mempunyai ilmu hitam, maka akan menghilangkan kesaktiannya.

 

5. Kayu Bambu Petuk

Kayu bertuah terakhir yang sudah banyak di kenal oleh masyarakat yakni bambu pethuk. Bambu pethuk ini memiliki ciri khusus yakni buntet di dalam buluhnya. Menurut kepercayaan yang di yakini oleh masyarakat luas, kayu atau potongan dari bambu pethuk ini mampu menghalau gangguan roh jahat yang mengganggu Anda. Selain itu, bagi siapa saja yang menyimpan potongan bambu pethuk ini akan terwujud hajat yang di inginkannya.

 

Itulah 5 jenis kayu bertuah yang paling ampuh. Meski demikian masih banyak benda lainnya yang memiliki tuah khusus. Hal yang perlu Anda perhatikan yakni jangan menjadikan benda bertuah ini sebagai satu-satunya penolong Anda. Karena benda bertuah ini hanyalah sarana seperti hal nya obat yang di gunakan dokter untuk mengobati penyakit yang Anda derita. Meski demikian, kita sebagai manusia memang di wajibkan untuk berikhtiar, salah satunya dengan sarana benda bertuah besi kuning atau wesi kuning ini.